Home » » Jangan Tanya Kenapa, Patuhi Saja Peraturannya

Jangan Tanya Kenapa, Patuhi Saja Peraturannya

“Kenapa Bajaj dilarang lewat?”
“karena beroda tiga.”
“setiap orang tahu,Bajaj rodanya tiga, tapi kenapa dilarang lewat?”
Seorang polisi tak sanggup menjelaskan kenapa bajaj yang beroda tiga dilarang masuk.
Kurang begitulah percakapan yang terjadi antara Naga Bonar dengan seorang polisi lalu lintas. Bagi orang yang telah menyaksikan film Naga Bonar jadi 2, tentunya mengetahui dialog tersebut.

Dan untuk saat ini, saya bukan hendak berbicara mengenai film tersebut, tapi mencoba mencermati tentang dialog yang terjadi. Dan dari dialog tersebut nampak jelas polisi sebagai orang yang berkaitan dengan penegak peraturan tak mengetahui perihal landasan mendasar kenapa Bajaj dilarang untuk melintas, untungnya saja itu hanya sekedar film. coba jika orang tersebut merupakan seorang polisi sungguhan.

Tapi, setidaknya dapat memberikan gambaran ketidakpahman mengenai peraturan tersebut, dan jika ada yang melanggar siapa yang akan disalahkan? Kala berbicara mengenai peraturan tentunya ada sebab kenapa peraturan tersebut dibuat, dan tentunya perarturan diciptakan guna menciptkan kehidupan yang tertib. Dan memang untuk persoalan peraturan, harus ada. Dan saya kira semua orang mengenai perihal tersebut, akan berkata sepakat. Tapi, setidaknya bagaimana peraturan itu dibuat, sehingga dalam penerapan dapat berjalan antar semua pihak.

Tapi kenapa sebuah peraturan tak dapat diterapakan, selain persoalan apakah benar peraturan tersebut cukup masuk akal? Hal yang lain yang kiranya diperhatikan, yakni sebuah kesepakatan antara semua pihak.

Dan dalam hal ini, yang terkadang terasa janggal, karena peraturan diciptakan jarang sekali dilibatkan kedua pihak, seperti halnya dalam kehidupan pendidikan terkadang dengan mudahnya membuat sebuah peraturan A, B, atau C, dengan tanpa kedua pihak, dan tatkala salah satu pihak menayakan perihal perarutan tersebut, maka salah satu pihak hanya menyuruhnya untuk diam, atau kebingungan.

Tak hanya itu, dalam dunia pendidikan seakan mengagab siswa adalah objek dari pembuat peraturan sendiri, sehingga siswa dijadikan sebagai pelaksana yang penuh kebingungan dalam menjalankan setiap peraturan yang dibuat, seperti halnya standar Ujian Nasional (UN), BHP, BLU, dan yang lain-lain.

Lalu benarkan peraturan tersebut dibuat untuk kebaikan? Jika iya, kenapa siswa tak pernah terlibat agar memahami peraturan yang sedang dijalankan? Jikalau ada yang bertanya, atau sekedar mengkritisi dari peraturan yang dibuat, lantas apa jawaban yang akan terlontar? lantas kenapa dalam dunia pendidikan seringkali mengajarkan agar setiap siswa bertanya, tapi apakah setiap pertanyaan dapat direspon dengan bijak oleh sang pendidik, atau jangan-jangan dianggap kurang sopan.

Tapi sekiranya jika alangkah baik jika kita membuat peraturan tak sekedar peraturan yang membuat salah satu pihak merasakan dirugikan, tak hanya itu bagaimana peraturan dapat berjalan jika antara kedua pihak tak terjalin sebuah komunikasi yang baik, setidaknya sekedar merenung apakah sang pembuat kebijakan mengetahui kendala yang dihadapi siswanya.

Dengan demikian, Jika benar peraturan diciptakan untuk memanusiakan manusia, tentunya peraturan dibuat bukan untuk menjadikan sebuah ancaman, melainkan bagaimana peraturan tersebut dapat lebih bersifat humaniora. Dan kita memang bukan hidup pada suku Barbar.

Dan peratanyaan yang paling mendasar adalah bagaimana sebuah peraturan dibuat? Dan apakah dalam menjalankan peraturan tersebut setiap pihak mengetahuinya? Karena siswa, masyarak tidak buta dengan peraturan tersebut, sehingga dalam penerapan semua pihak mengetahui kinerja masing-masing. Paling tidak apa yang terjadi dalam film Naga Bonar mengenai yang mengatur, dan yang diatar tak mengetahui kenapa peraturan dibuat, biarlah itu hanya ada dalam film.

Dan selain mengenai peraturan dibuat, setidaknya dalam pembuat peraturan tidaklah mengagap bahwa siswa bukan objek, begitupula masyarakat hanya mengikuti peraturan itu saja sudah cukup. maka jangan tanya, ikuti saja peraturannya.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. vepiTouring... - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger