Home » » Tragedi Telah Berlalu

Tragedi Telah Berlalu

Saya akan memulainya tulisan ini , dengan sebuah judul lagu yang berjudul Badai Pasti Berlalu yang pernah dinyanyikan oleh penyanyi om Krise, dan juga difilmkan dengan judul yang sama. Dalam film tersebut, sekedar sekilas menggambarkan tentang film tersebut mengisahkan tentang kisah percintaan seorang perempuan yang mempunyai penyakit glukosa yang bernama Siska, yang diperankan oleh Raihaanun dengan seorang pria yang bernama pria bernama Leo, diperankan oleh Vino G. Bastian.

Kisah cinta yang terjalin diantara mengalami polemik setelah Siska mengetahui tentang taruhan yang dilakukan oleh Leo dengan teman-teman. Atas peristiwa tersebut pada akhirnya untuk kedua kalinya Siska mengalami kegagalan dalam percintaan, yang sebelum menjalin kasih dengan Leo yang masih masih merupakan sahabat dari kakaknya.

Hari-hari pun berlalu dan selanjutnya Siska memutuskan untuk menikah, badai pun menerpa perjalanan keluarganya. Akhirnya perceraian tak dapat dielakan tatkala kematian anak yang merupakan hasil dari pernikahannya dengan seorang manajer kafe, bernama Helmi yang diperankan oleh Winky Wiryawan. Dan selanjutnya bagaimana film tersebut, tentunya bagi yang pernah menyaksikan akan lebih memahaminya.

Mungkin itu pula yang menjadikan film tersebut berjudul Badai Pasti Berlalu, bahwa sebuah sebuah tragedi pasti akan berlalu. Sebagaimana yang melanda dengan Situ gintung, sebuah bendungan yang terletak di perbatasan antara Tangsel (Tanggerang Selatan) dengan Daerah Khusus Ibukota (DKI). Yang tepatnya berada di kawasan Desa Cireundeu, Kecamatan Ciputat Timur.

Sebuah bendungan yang tak mampu menahan air sehingga bendungan tersebut jebol, atas tragedi yang terjadi pada 27 Maret 2009 Jum’at dini hari, atas peristiwa tersebut memakan korban jiwa yang hingga menewaskan 100 orang dan meluluntahkan beberapa bangunan penduduk.

Namun itu kini semua telah berubah, tragedi yang melanda telah berlalu. Saat kudatangin (18/6) ketika itu, matahari terpancar warna kuning keemasan, terdengar samar suara mengaji, namun suasana masih riuh dengan pengunjung, diantara mereka ada yang memancing, mencari siput, ada juga menghabiskan yang namanya senja bersama keluarga, kekasih, beberapa penjual makanan, pakaian dan segala macam. Dan tempat-tempat yang dijadikan sebagai tempat perkir telah dipadati oleh kendaraan roda dua.

Dengan banyak pengunjung sepertinya tempat tersebut sudah layak disebut dengan tempat wisata. Sebuah bencana yang telah berlalu dan berubah menjadi taman yang menghabiskan anggaran Rp 91.773.756.000 yang berkerjasama dengan PT. Nindya Karya (persero), PT. Bumi Karsa KSO, anggaran yang diambil dari pajak.

Dengan anggaran yang begitu besar atas pembangunan di Situ Gintung setelah langkah awal yang mereka lakukan, melakukan penggusuran terhadap warga. Lalu dibaut taman yang cukup mewah. Tapi seperti tidak adanya bangunan yang menunjukan bahwa pernah terjadi bencana, paling tidak sebagai pengingat terhadap peristiwa yang melanda, dan pembelajaran terhadap peristiwa yang pernah terjadi sehingga kita bisa memperlakukan alam secara bijak, kalau diperlu dibuat sebuah musium atau perpustakaan.

Memang bukan berarti kita terus terlalut atas bencana tersebut, tapi sekedar untuk mengenang dan pembelajaran terhadap peristiwa yang pernah terjadi dan sehingga kita bisa memperlakukan alam secara bijak.

Walaupun mungkin terkadang sebuah bangungan seperti tak mempunyai arti, seperti halnya jalan yang bernama dengan daerah atau hal-hal yang lain. Dengan dibalik nama-nama tersebut apa yang hendak dimaksud? Adakah kita benar-benar hendak menghargai jasa pahlawan, seperti halnya sebuah patung Jenderal Sudirman yang terletak di jln Jenderal Sudirman.

Dan catatan ini bukan bermaksud untuk mengenang kembali atas peristiwa yang terjadi. Entalah, sebuah optimisme untuk menatap masa depan sah-sah saja, tapi masa lalu bukan berarti hilang begitu saja.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. vepiTouring... - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger