Home » » Mengenal Budaya Melalui Film

Mengenal Budaya Melalui Film

Ada yang mengucapkan bahwa untuk mengenal suatu kebudanya melalui film, apakah pernyataan itu benar atau salah? Untuk jawaban tersebut bisa benar atau salah, tapi sebelum berbicara benar atau salah alangkah baiknya jika kita melihatnya terlebih dahulu. Pengenalan sebuah budaya memang bisa melalui sebuah media berupa film. Atau ciri khas yang melekat pada sebuah film sehingga film tersebut mempunyai identitas tersendiri.

Seperti halnya saat kita menyaksikan sebuah film India, dan akan terlintas apa yang menjadi ciri khas dari film tersebut, dan jawaban bisa jadi bahwa film tersebut tak lepas dari unsur menyanyi. Dari menyanyi merupakan sebuah gambaran dari film india itu sendiri. Dan tatkala sesoarang bertanya mengenai film India, unsur apa yang tak pernah terlepas dari filma tersebut? Jika jawaban adalah menyanyi, secara tak langsung dengan menyanyi seperti hendak menunjukan bahwa itu sudah merupakan menjadi bagian dari kebudayaanya.

Begitupula dengan film Cina dengan penanyangan tentang kungfunya, dan terkadang juga memaksukkan bagaimana unsur nasionalis dalam film tersebut. Dan pada akhirnya Cina diindentikan dengan kungfu

Lantas bagaimana dengan film Indonesia? Dari hari Senen hingga hari Senen hampir seluruh stasiun TV menayangkan film Indonesia baik disiarkan pada pagi atau pun malam hari. Bentuk tayangnan orang-orang menyebutnya dengan sebutan sinetron. Dan apakah yang terlihat dari sebuah film tersebut? Artis yang cantik, dengan kisah romantika cintanya, lalu artis tersebut mempunyai seroang pembantu yang indentik dengan logat bahas kedaerahan, atau orang yang agak terbelakang, dan seandainya tokoh utama adalah orang daerah itu masih terkesan agak menampilkan sosok yang penuh dengan kedaerahan.

Dengan kemunculan yang demikian entah apa yang hendak ingin ditangkap oleh para penonton. Dan belum lama ini, perfilman Indonesia marak kembali menampilkan Film setan, untuk film setan ini memang sedikit kreatif dari segi judul, yakni berupa keanehan judul-judul tersebut.

Selepas dari itu semua, mengenai film setan sendiri, bahwa terdapat sesorang yang mampu membunuh setan entah itu dukun, atau kiayi. Mengenai dukun seorang digambarkan melakukan pembakaran menyan denan taburan bunga, memegang keris lalu sang setan takut. Sedangkan kiayi dengan gambaran berupa memakai peci, memegang tasbih, lalu membaca asma Allah lalu sang setan ketakutan atau mati.

Terkadang sang dukun juga bisa merupakan sosok jahat, sedangkan orang yang kiayi adalah orang yang baik. Benarkah demikian, lalu apakah dalam film percintaan bahwa orang yang identik dengan logat kedaerahan merupakan orang yang terbelakang, atau lain adalah orang yang tak gaul, dan juga hanya pantas untuk menjadi seorang pembantu. Sedangkan dalam film yang berbau horor bahwa seorang dukun identik dengan yang memegang keris dan membakar kemenyan. Dan sebaliknya, bahwa orang yang selalu memakai peci adalah orang yang alim? Silahkan jawab sendiri, tapi bagaimana film telah membentuk sebuah konsensus terhadap bahasa itu sendiri, sehingga orang tampa melakukan penelitian kebenarannya menyakini bahwa itu telah benar adanya.

Jika tidak demikian adanya bahwa sebuah identitas dari budaya Indonesia bahwa ini merupakan sebuah gambaran dari salah satu budaya lokal Indonesia. Memang selain film tersebut, ada film yang menampilkan berbicara mengenai ke-Indonesiaan atau mewakili sebagaian kultur Indonesia, seperti halnya bagaimana kehidupan budaya Betawi yang dikemas dengan judul si Sidoel, mungkin masih banyak film yang menayangkan tentang kultur suatu daerah yang bagian dari kebudayaan Indonesia yang belum tersebutkan.

NB: tulisan ini sekedar pengamatan, dan setidaknya dengan tulisan ini dapat memberikan sebuah gambaran, dan perfilman Indonesia dapat lebih berguna.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. vepiTouring... - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger