Home » » Dengan Spanduk Dunia akan Berubah

Dengan Spanduk Dunia akan Berubah

Sebuah spanduk yang terpajang di dipinggir jalan dengan sebuah ucapan selamat....... atau dengan kata sebuah ajakan untuk membangun.................... dan tak cukup hanya dengan sebuah spanduk maka dibutuhkan sebuah karangan bunga dengan tulisan berupa selamat atas.................

Sepertinya ucapan selamat yang diungkapan melalui lisan terasa kurang afdol sehingga diperlukan sebuah spanduk. Dan untuk mengucapkan itu semua tak tanggung-tanggung dengan ukuran spanduk yang berukuran besar terkadang sampai berukurang 3x2 M atau mungkin lebih. Tak puas hanya dengan spanduk hanya untuk mengucapkan kata “ucapan selamat,” maka karangan bunga ikut-ikutan memeriahkan acara ucapan selamat.

Ucapan “selamat” yang pada mulanya hanya cukup dengan ucapan langsung, lalu pada sebuah kartu ucapan dan kini merembat pada spanduk, begitupula karangan bunga. Dan tak puas dengan hanya mengucapkan selamat, spanduk-spanduk digunakan untuk mengajak seseorang, seperti belum lama terlihat ada beberapa sepanduk dalam terhitung sekitar mencapai 10 spanduk yang berderet hanya berjarak berkisar 3 meter. Sebuah foto yang terpajang dengan ukapan untuk perubahan..........................., janji terobral begitu mudahnya.

Kata-kata perubahanpun terucap oleh yang spanduk-spanduk yang lain. antar sepanduk berperang untuk menciptakan perubahan. Dan sepertinya meraka asik sendiri sehingga menciptkan dunia tersendiri. Dan saya akan menyebutnya dengan dunia spanduk, dunia yang mampu memberikan perubahan, dan setiap spanduk yang telah dicipatkan mempunyai ajian yang dapat memberikan sebuah perubahan ke arah yang lebih baik.

Begitu pula dunia yang lain, yang belum sempat disebutkan, yakni dunia karangan bunga. Karangan bunga kira-kira hanya bertahan dalam hitungan hari telah memeriahkan acara-acara ucapan. Lalu jika digabungkan antara dunia spanduk dan dunia karangan bunga akan tercipta dunia yang terdiri dari spanduk dan karangan bunga.

Untuk menghadirkan kedua dibutuhkan sebuah biaya tak bisa dibilang murah, setiap spanduk dalam hitungan satu meter berkisar Rp 20.000, sedangakan karang bunga menurut data yang didapat dari seseorang yang pernah bekerja dikarangan bunga dapat mencapai sekitar Rp 700.000. Bisa terbanyangkan berapa jumlah uang yang akan dikelurakan, teruma jika keduannya bergabung. Dan hanya untuk menciptkan dunia tersebut.

Anggaran yang dikeluarkan cukup lumanya akan benar terciptanya perubahan, jika setiap orang yang menciptkan dunia itu beralih, seperti ke dunia pendidikan. Untuk dunia pendidikan sepertinya semua sudah paham tentang seberapa penting dunia pendidikan, dan sepertinya dunia ini lebih jelas untuk menciptkan perubahan, jika dibandingkan dengan dunia spanduk dan dunia karangan bunga.

Hal tersebut akan terjadi jika sang pengujar pada spanduk atau karangan bunga. Dan apa yang mereka harapkan terhadap perubahan semakin mungkin akan terlaksana. Belum lagi keberadaan mereka yang akan lebih terasa di hati masyarakat. Karena masyarakat lebih membutuhkanya dari pada dipaksa untuk memandang spanduk yang terpajang di pinggir jalan.

Apalagi jika sang pengujar merupakan seorang pemimpin, tentunya apa yang diharapakan dari ajakan akan lebih berarti jika ia mau mengerjakannya terlebih dahulu. atas apa yang dikerjakan maka dengan sendirinya sebuah gagasan akan hadir, dengan demikian apa yang telah digagas oleh tiga serangkai dengan tut wuri handayani, atau aslinya: ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani.

Adapun arti dari semboyan ini adalah: tut wuri handayani (dari belakang seorang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan), ing madya mangun karsa (di tengah atau di antara murid, guru harus menciptakan prakarsa dan ide), dan ing ngarsa sung tulada (di depan, seorang pendidik harus memberi teladan atau contoh tindakan yang baik). Sebab seorang pemimpin juga merupakan guru bangsa yang akan membawa bangsa ini kemana? Dan seandainya semua guru bangsa bersikap demikian maka perbuhan yang digombor-gemborkan tak hanya terdapat dalam dunia sepanduk
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. vepiTouring... - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger