Home » » koin kemanusian bentuk perlawanan

koin kemanusian bentuk perlawanan

Tentunya belum lekang oleh waktu mengenai peristiwa Prita, nama seorang ibu rumah tangga yang harus berurasan dengan pengadilan, karena dianggap telah mencemarkan nama baik sebuah rumah sakit bernama Omni Internasional.

Peristiwa yang dihadapinya, ia pun berurusan dengan pengadilan. Hasil dari pengedalan ia dikenakan dituntut untuk mebayar denda sebesar 204 juta dan tak hanya itu, ia juga merelakan diri berpisah dengan keluarganya dengan mendekam di penjara.

Apa yang melanda ibu rumah tangga ini, mendapat simpatisan dari masyarakat dengan cara mereka mengumpulkan uang koin, koin digunakan sebagai simbol bentuk perlawan dari kaum lemah terhadap ketidakadilalan kekuasaan. Hampir seluruh masyarakat terlibat dalam pengumpulan koin, dengan sebutan koin untuk Prita.

Dan belum lama ini, penggalan kembali terjadi. Hal ini dilakukan bukan untuk peristiwa yang melanda Prita. Pagi itu, (21/3) mereka membawa kardus dengan bertempelkan kertas yang bertulisan koin untuk untuk sastra dan mereka juga, membagi selembar kertas tertera judul “gelorakan gerakan “koin Sastra di UIN Jakarta.

Salah satu dari mereka berorasi mengenai apa yang telah menimpa Pusat Dokumentasi Sastra HB Jasin yang akan teracam gulung tikar. Hal ini disebabkan oleh faktor ekonomi berupa anggaran. Lalu apa yang terjadi jika pusat dokumentasi gulung tikar? Mungkin Indonesia sendiri tak mengenal negaranya sendiri, dan juga pendidikan tentang sastra akan lenyap, tentunya masih banyak lagi, penuturan salah seorang yang sedang berorasi, ia juga menambahkan dengan membaca novel Putu Wijaya yang berupa teror mental

Candra berserta teman-teman mengajak mahasis UIN Jakarta untuk partisaipasi atas apa yang melanda Pusat Dukementasi dengan cara memberikan koin. Dengan demikian semoga saja Pusat Dokumentasi tetap ada dan juga terawat.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. vepiTouring... - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger