Home » » Bedah Buku

Bedah Buku

Amartya Sen
Bermula dari pertanayaan, akhirnya kata tersebut terdengar lazim dalam ucapan sehari-hari. Namun, dalam hal ini agak sedikit berbeda. seperti halnya saat kata pertama dimulai untuk mengenal. Siapa anda? dalam tahapan selanjut benarkan anda mengenal. Jangan-jangan sebelum anda mengenal siapa dihadapan anda, alalangkah bijak jika menanya siapa saya?

Sebagaimana, jika anda masih menanyakan siapa saya, sebagamana saat shoopy mendapat sebuah surat dan bertuliskan siapa anda? pertanyaan yang mudah, namun begitu sukar untuk menjawabnya. Bahkan munkin membutuhkan berdiam diri selama beberapa hari hanya sekedar menjawab pertanyaan tersebut. karena sampai detik ini saya belum menemukan siapa saya?

Semisal aku telah menentukan sebuah jawaban dan mengatakan tentang identitas, itu jua menjadi sebuah polemic tersendiri dalam batin kita. ini lah yang akhirnya membuat semakin sukar untuk menjawabnya. Tentunya belum lagi hal-hal yang lain yang akhirnya semua menjadi aku. Sebagaimana yang telah di tulisakan dalam sebuah dunia simulacra.

Untuk saat ini hanya ingin mengenalkan sebuah buku tentang Kekerasan dan Ilusi tentang Indetitas karya dari Armartya Sen peraih nobel ekonomi pada tahun 1998, ia juga Prof filsafat terbitan Marjin Kiri dengan tebal buku 238. jika melihat dari judul tersebut membuat bertanya-tanya untuk pemakanaan dari judulnya sendiri.

Saat berbicara sebuah kekerasan telinga sudah sering kali mendengarkannya. dan mungkin bukan lagi sesuatu yang yang langka. Berbeda dengan tulisan selanjutnya dalam judul (Ilusi tentang Indentitas) itu sendiri yang akhirnya mengerutkan kening dan bertanya? Pertanyaan tersebut membuat menjadi menarik untuk membuka halaman berikutnya dan sampai menyelesaikannya.

Dari semua itu lantas apakah yang menjadi persoalan indetitas. Seperti yang telah sedikit disinggung di atas bahwa siapa aku tak ada yang mampu menjawab selain munkin jawaban aku adalah aku. Ataupun aku adalah binatang jalang seperti apa yang diungkapan oleh Chairil Anwar. Bukankah ia telah melakukan pengandaian dan terjebak kata sifat yang seperti binatang.

Persoalan bagaiamana menjawab itu semua kemabali kepada individu. Karena munkin itu lah yang terbaik untuk mengenali dirinya masing-masing. Kembali ke judul buku tersebut, yang perlahan-lahan mulai disinggung dan hendak coba untuk mengenalakan diri kepada pembaca dan semoga memberikan informasi.

Dalam isi buku pada BAB pertama membahas perolan kenjamnya sebuah ilusi, dan hal ini yang membuat begitu menarik karena sepengetahuan bahwa ilusi adalah hal yang mengasikan lantas mengapa di sebut kejam.

Sebagaiaman ilusi yang terbentuk dari realitas yang hadir dalam kehidupan kita. dan selalu setia menemani setiap saat. kerena hal tersebut tak terlepas dari kodrat manusi untuk mempunyai suatu harapan. Lantas dimanakah hal yang menjadi kejamnya ilusi.

Bagi yang tertarik mari bergabung dalam bedah buku amrtya Bagi yang tertarik mari bergabung dalam bedah buku amrtya Sen, apa yang kau ketahui tentang Kekerasan dan Ilusi Indetitas?
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. vepiTouring... - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger